• Gempa Terjadi Pada Saat Training !?!

    Gempa Terjadi Pada Saat Training !?!

    Gempa Terjadi Pada Saat Training !?!

    Gempa Terjadi Pada Saat Training !?!

    ilustrasi gempa jakarta

    ilustrasi Gempa Jakarta Gambar Viva co.id

    Hari ini, 23 Januari 2018,terjadi gempa di di daerah Lebak Banten. Getaran gempa ini juga terasa sangat keras di kantor kami di Wisma Pede Suite 301, bersebelahan dengan Sister Brand kami Transafe Indonesia di Ruang 304.

    Gempa 6,1 skala Richter yang mengguncang wilayah selatan Banten dan Jakarta, dan berpusat sekitar 61 km dari kota Lebak, Banten, menimbulkan kerusakan sejumlah rumah di Banten. Beberapa orang di berbagai lokasi juga dilaporkan luka-luka, baik berat maupun ringan. (BBC.com)

    Situs berita lain (Viva.co.id dan Warta Kota)  malah memberikan informasi kekuatan gempa yang lebih tinggi lagi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa telah terjadi gempa bumi dengan magnitude 6,4 Skala Richter, berlokasi 81 kilometer barat daya wilayah Kabupaten Lebak, Banten, dan berpusat di kedalaman 10 kilometer.

    Pada saat getaran terjadi yang kedua kali, maka semua penyewa gedung / tenant berbondong keluar dari kantor masing-masing. Berebutan. Berhimpitan di Tangga. Turun bersama sama dengan penghuni lantai yang lebih tinggi.

    Untungnya kami dan trainer / Instruktur Transafe yang saat itu mengajar sudah menguasai unit I : Memastikan Lingkungan belajar yang sehat dan Aman dan sudah tersertifikasi BNSP.

     

    Belakang sertifikat instruktur BNSP

     

    Sehingga pada saat kejadian kami melakukan evakuasi sesuai dengan yang sering kami infrmasikan di kelas. Evakuasi kami, staf kantor kami dan peserta berjalan dengan tenang, lancar dan semua selamat. Alhamdulillah.

     

    Lalu buat Anda Peserta, panitia, trainer / instruktur lainnya, apa yang harus dilakukan pada saat gempa ?

     

    Persiapan : Memastikan Lingkungan belajar yang sehat dan Aman

    Semua trainer bersertifikasi BNSP pasti tahu. Sebelum memulai pelatihan / training untuk melakukan safety induction. Ini sangat penting.

    Safety induction ini untuk memenuhi 2 hal dari peserta. Keselamatan dan Keamanan serta Kenyamanan.

    Dalam hal ini, Keselamatan dan Keamanan yang akan kita bahas. Salah satunya adalah memberikan informasi tentang persiapan kejadian gawat darurat kepada peserta, yaitu:

    1. Apa yang harus dilakukan jika terjadi gawat darurat
    2. Jalur evakuasi jika terjadi gawat darurat
    3. Titik Kumpul setelah Evakuasi dan Apa yang akan dilakukan setelah sampai di titik kumpul

    Kenapa ini menjadi penting?

    Karena kami percaya tidak ada satu orang pun yang bersedia untuk menjadi korban kecelakaan atau gawat darurat seperti kebakaran atau Gempa Bumi. Terutama pada saat mereka sedang mengikuti pelatihan.

    Mari kita bahas satu persatu.

     

    Pertama: Jika Terjadi Gawat Darurat saat Pelatihan

    Gawat darurat ini bermacam bentuknya. Dalam contoh hal ini: Gempa.

    Jika terjadi maka trainer memegang peranan penting untuk menyelamatkan semua pesertanya. Sang trainer harus Tetap Tenang (Ya, tetap tenang, bukan jangan panik, semua rekan trainer yang belajar Hypnosis dan NLP pasti memahami ini).

    Lalu trainer dapat dengan tenang mengatur arah keluar peserta dari ruang training. Jika tidak teratur, berdesak desakan, atau semua peserta keluar dengan panik, maka bisa akan terjadi korban tambahan.

    Peserta bisa saja terjatuh di tangga. Bisa terjepit di Pintu. Bisa terinjak injak bahkan luka-luka dan meninggal.

    Tetap tenang dan Arahkan mereka evakuasi melalui rute evakuasi yang sudah ditentukan.

     

    Kedua: Jalur / Rute Evakuasi Jika Terjadi Gawat Darurat

    Jika terjadi keadaan darurat seperti gempa atau kebakaran, Pastikan peserta untuk evakuasi melalui pintu / tangga darurat terdekat.

    Sebaiknya trainer dan panitia memiliki 2 jalur alternatif rute evakuasi. Jalur alternatif ini diperlukan khususnya untuk kelas besar; Jumlah peserta banyak sehingga berpotensi berdesakan jika hanya satu jalur evakuasi; Atau untuk menghindari jika salah satu jalur tidak dapat digunakan; Misalnya jalur tersebut sudah tertutup puing gedung, asap atau api jika terjadi kebakaran.

    Pastikan peserta mereka mengetahui, dapat mengidentifikasi dan keluar melalui rute alternatif ini. Setelah itu, arahkan mereka ke Titik kumpul.

     

    Ketiga: Titik Kumpul Setelah Evakuasi

    Informasi titik kumpul evakuasi sangat penting diketahui oleh trainer dan panitia karena mereka akan bisa mengarahkan kepada peserta untuk berkumpul di satu tempat yang aman. Aman dalam hal ini jauh dari bahaya tambahan seperti kejatuhan puing gedung jika terjadi gempa atau terkena paparan asap dan api jika terjadi kebakaran.

    Setelah sampai di titik kumpul, trainer/panitia sebaiknya memastikan semua peserta, anggota panitia, trainer serta asisten trainer semua sudah ada di sana dan lengkap. Yang paling kami sarankan dan kami lakukan kemarin adalah dengan melakukan head count dan mengabsen peserta.

    Jika absen peserta tidak bisa dibawa, head count adalah alternatif untuk memastikan semua peserta sudah keluar dengan selamat. Caranya sederhana, head count bisa dilakukan dengan membariskan peserta dan dihitung jumlah kepala (orang)nya. Cara ini bisa lebih cepat untuk memastikan jumlah peserta yang hadir sama dengan jumlah peserta yang sudah berkumpul di titik kumpul.

    Panitia dan trainer sebaiknya memiliki absen sendiri yang terpisah dan melakukan head count khusus panitia / asisten trainer.

     

    Aman Atau Evakuasi Lebih jauh

    Setelah berada di titik kumpul dan semua peserta hadir dan selamat. Tinggal menunggu aba aba dari pemilik gedung jika keadaan sudah aman dan kegiatan dapat dilanjutkan kembali.

    Jika diperlukan evakuasi ebih jauh, tunggu aba aba dari pemilik gedung atau instansi penanggulangan bencana.

     

    Jika Anda Dosen / Guru, tinggal diganti saja kata “peserta training” dengan siswa/mahasiswa Anda. Harapan kami tidak ada rekan / kolega kami, panitia dan pesertanya yang menjadi korban gempa.

     

    Demikian sedikit sharing dari saya. Semoga bermanfaat

     

     

    Luki Tantra

    Senior Trainer

    TransWISH Indonesia

    ##

     

    Baca Juga Program Kami yang lain:

    Training of Trainer Sertifikasi BNSP Premium Februari 2018

    Pelatihan Asesor Sertifikasi BNSP Februari 2018

     

     

    training for trainer-transwishindonesia

     

    Source

    https://www.viva.co.id/berita/nasional/1000084-ternyata-gempa-jakarta-dan-gempa-amerika-berkaitan

    http://www.bbc.com/indonesia/trensosial-42784609

    http://wartakota.tribunnews.com/2018/01/23/video-gempa-terasa-sampai-jakarta-pusat-karyawan-berhamburan-keluar-kantor