• Team Leadership Training

    Team Leadership Training

    Training Overview

    Di dalam Perusahaan, berbagai task force dibentuk untuk dapat mengerjakan tugas2 jangka pendek yang ada.  Perusahaan yang maju menuntut para manajernya untuk terbiasa menjadi anggota yang memberikan kontribusi optimal dan memimpin secara efektif berbagai tim atau projek yang ada.  Untuk dapat berhasilnya suatu projek, tidak cukup seorang pimpinan projek menguasai materi teknis manajemen projek.  Ia juga dituntut untuk dapat mengelola ‘aspek manusia’ dari projek tersebut.  Disinilah kemampuan memimpin dari sang team leader ataupun pimpinan projek dibutuhkan.

    Memimpin sebuah projek atau tim pada umumnya jauh lebih sulit daripada memimpin sebuah departemen atau bagian di dalam Perusahaan.  Beberapa kesulitan yang ada diantaranya ditimbulkan karena sifat keanggotaannya yang cross functional, jangka waktu yang pendek dan garis komando yang kadang tidak terlalu jelas.  Karenanya seorang pemimpin projek/tim di satu sisi perlu dapat mempengaruhi orang lain dengan pola hubungan yang lebih bersifat personal daripada otoritatif (karena anggota tim nya, tidak secara struktural berada di bawah dia.  Bahkan kadang bisa jadi merupakan kolega kerja) tetapi di sisi lain, dia harus lebih berorientasi tugas karena jangka waktu singkat yang dihadapinya.  Karena itu, pendekatan coach-focus lebih tepat daripada control-focus.

    Training Outline:

    1. Prinsip-prinsip Kepemimpinan: Managing self, task and people
    2. Identifikasi resource yang Anda butuhkan sebagai seorang team leader
    3. Mengelola self chalange sebagai leader: need for power dan kecenderungan perfectionist.
    4. Mengenal 6 Fase pembentukan kelompok: Forming, Storming, Norming, Performing, Learning, Adjourning dan peran Leader dalam mengelolanya.
    5. Mengenal berbagai tipe orang dan dinamikanya di dalam kelompok
    6. Menyeimbangkan antara orientasi tugas dan orang dalam kepemimpinan kelompok
    7. Menentukan sasaran team dan projek, serta bagaimana menumbuhkan motivasi dan komitmen untuk mencapainya.
    8. Identifikasi critical points dan mengembangkan monitoring projek yang efektif
    9. Memahami dan mengelola 5 level of leadership di dalam pengembangan tim: otokratik, sentralistis, transisional, partnering dan highly empowering.

    Training Method:

    Pelatihan ini menekankan penggunaan metode yang mencakup:

    • Konsep/Lecture
    • Case Study
    • Discussion
    • Role Play
    • Games
    • Video
    • Simulation

    Training Investment

    Please Contact Us

    Jakarta Office: (021) 8311 903 / 904

    Batam Office: (0778) 424 754 / 503